JUAL BELALANG GORENG JOGJA

Berani coba makanan yangsatu ini?

Selain dapat diolah menjadi makanan yang lezat dan gurih, belalang goreng khas Gunungkidul ternyata mengandung protein yang sangat tinggi.

Gunungkidul yang naik daun berkat pantai-pantai berpasir putihnya ini ternyata juga menambah perbendaharaan makanan khas Jogja yang cukup unik, yaitu kuliner ekstrim belalang atau walang goreng. Walaupun belum seterkenal gudeg, belalang goreng merupakan makanan khas Gunung Kidul yang mulai mencuri perhatian seiring banyaknya warga yang mengolah belalang menjadi lauk yang lezat. Penjual belalang goreng banyak dijumpai di sepanjang perjalanan menuju tempat-tempat wisata di Gunung Kidul. Mereka biasanya berjualan dengan kios-kios kecil.

Walang yang dalam bahasa Indonesia berarti belalang, sudah menjadi makanan sehari-hari bagi warga Gunung Kidul. Belalang yang merupakan hama bagi tanaman, dan salah satu penyebab dari gagal panennya para petani, ternyata hewan yang kaya akan protein.

Terlebih lagi, kandungan gizi yang terdapat dalam belalang ternyata tidak kalah dibandingkan dengan sumber protein lainnya, seperti daging sapi. Menurut sebagian besar orang yang sudah pernah merasakan belalang goreng, rasa belalang ternyata hampir mirip dengan rasa udang.

Bahayakah mengonsumsi belalang goreng ?

Bagi anda yang tidak memiliki alergi terhadap makanan berprotein tinggi, anda wajib untuk mencicipi kuliner ekstrim khas Gunungkidul ini. Tidak perlu khawatir akan kebersihan makanan olahan ini, karena belalang goreng diolah dengan sangat hati hati, duri-duri yang menempel pada kaki belalangpun sudah disingkirkan sehingga anda tidak akan merasa terganggu ketika menyantapnya. Jeroan dan kotoran belalangpun pastinya juga sudah dibersihkan agar tidak menimbulkan rasa pahit saat dimakan.

Selain itu, makanan ini diolah tanpa menggunakan bahan pengawet, dan sangat terjaga kehigienisannya sehingga aman untuk dikonsumsi. Walaupun rasanya yang gurih dan renyah mampu membuat banyak orang ketagihan, tetapi sebaiknya berhati-hati bagi anda yang memiliki alergi terhadap makanan berprotein tinggi. Mencicipi belalang goreng dapat menyebabkan gatal-gatal dikarenakan tingginya kandungan protein yang dimiliki belalang.

  • Harga    : IDR 35.000 per toples
  • Website : rumahskate.goleknafkah.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *